Jumat, 15 Oktober 2010

Hindari Pikun Dengan Olahraga Otak

Olahraga tidak hanya penting untuk tubuh, otak pun memerlukan olahraga untuk memperkuat daya ingat. Nah jika ingin ingatan Anda tetap fresh ada baiknya Anda mulai mencoba olahraga otak.
Manfaat dari olahraga otak tidak hanya memperkuat daya ingat tapi juga melatih semua syaraf yang berhubungan dengan otak agar bergerak. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih otak agar tidak cepat pikun :
Membaca
Punya hobi baca memang sangat menguntungkan, selain menambah ilmu pengetahuan cara ini bisa juga termasuk olahraga otak ringan yang memberikan efek besar pada otak. Sebuah studi Dr Nikolaos Scarmeans menyatakan membaca dapat membantu ‘cadangan kognitif’ untuk menunda timbulnya pikun.
Main puzzle
Permainan yang membutuhkan pemikiran juga masuk dalam kategori olahraga otak. Misalnya main sejenis puzzle, teka-teki silang dapat melatih otak khususnya otak kiri. Perlunya strategi baru dalam memecahkan permainan memancing otak untuk berputar dan mencari pemecahannya. Cara ini bisa bermanfaat juga untuk mengatur strategi dalam memecahkan masalah pada kehidupan sehari-hari.
Ubah rutinitas Anda
Menurut Lawrence Katz, profesor Neurobiologi di Duke University Medical Center, mengubah rutinitas dan cara-cara hidup baru dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif. Jika biasanya Anda malas mengerjakan sesuatu, cobalah untuk lebih kreatif. Mulailah dari mengerjakan perkerjaan rumah, atau mengatur meja kantor. Ubah kebiasaan malas dengan lebih aktif.
Belajar bahasa asing
Sebuah studi di York University di Toronto menemukan bahwa penggunaan beberapa bahasa dapat meningkatkan suplai darah ke otak untuk menjaga kesehatan koneksi syaraf.
Dengarkan musik
Para ahli merekomendasikan untuk mendengarkan musik jika sedang dalam keadaan penat. Cara ini bisa ‘melumerkan’ pikiran atau masalah yang menumpuk sejenak. Rileks dengan musik akan membuat Anda lebih nyaman, sehingga otak tidak tegang.
Latihan fisik
Menurut Stanford Center on Longivity kesehatan otak dapat ditingkatkan dengan latihan fisik, cara ini bisa meningkatkan perhatian, penalaran dan merefresh memori. Latihan fisik sederhana bisa dilakukan pagi hari. joging ringan atau bersepeda bisa membantu menyegarkan otak.

 sumber: www.kabarinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar