Jumat, 15 Oktober 2010

Pedas itu Sehat?

Jika dengar kata cabai, pasti yang terbayang dalam pikiran adalah rasa pedas. Sebagian besar masakan yang menggunakan cabai memang menghasilkan sensasi pedas. Selan cabai,  merica, jahe, kunyit juga  dan menghasilakn rasa pedas.
Meski dapat menimbulkan masalah pada perut jika dimakan berlebih, rasa pedas tetap memiliki banyak penggemar. Anda yang menyukai rasa pedas patut senang dengan berbagai manfaat dari rasa pedas.
Dari berbagai penelitian menyebutkan, rasa pedas bemanfaat untuk mengurangi berat badan, menyehatkan jantung, mampu mencegah kanker, menurunkan tekanan darah sampai mengurangi stres.
Hmm menarik, tapi apa benar?
Dapat menurunkan berat badan
Sebuah studi menunjukan bahwa senyawa dalam cabai yaitu kapsaisin yang mempunyai efek termogenik yang bisa menyebabkan tubuh membakar kalori saat mengunyah selama 20 menit. Nah buat Anda yang sedang berdiet, tidak ada salahnya menambahkan sambal dalam menu diet.
Sehatkan jantung
Hasil studi menunjukan, budaya mengkonsumsi makanan pedas mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Kenapa begitu? Cabai merah bermanfaar menurunkan efek kolestrol jahat, sedangkan kapsaisin dapat melawan peradangan.
Pencegah kanker
Menurut American Association for Cancer Research, kapsaisin juga memiliki kemampuan membunuh beberapa sel kanker dan leukimia. Sedangkan kunyit, yang dijadikan bumbu kari dan mustar, bisa memperlambat penyebaran kanker dan pertumbuhan tumor. Bila ingin memberikan hasil maksimal, kombinasikan dengan lada hitam untuk menyerap kunyit 2.000 persen lebih banyak.
Menurunkan tekanan darah
Vitamin A dan C mampu menguatkan dinding otot jantung, sementara panas dari lada meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Kombinasi hal ini bisa menghasilkan sistem kardiovaskuler yang lebih kuat.
Mengurangi stres
Makanan pedas meningkatkan produksi hormon yang memberikan rasa menyenangkan, seperti serotonin. Hasilnya, makanan ini membantu mengusir depresi dan stres. 




Sumber: http://www.kabarinews.com/article/Berita_Indonesia/Kesehatan/Pedas_Itu_Sehat/35719

Tidak ada komentar:

Posting Komentar