Jumat, 13 Agustus 2010

Ditemukan Batuan Asli Bumi


Ilmuwan berhasil menemukan batuan asli bumi yang bertahan dalam kurun waktu 4,5 miliar tahun tanpa tercampur dengan lempeng tektonik. Seperti dikutip dari MSNBC, ilmuwan menemukan pertanda jelas bahwa di bawah lapisan kulit bumi ditemukan sepotong batuan asli yang tidak terkontaminasi apapun, bahkan saat bumi masih berupa batuan sedikit cair.
Benda ini merupakan batuan lava yang berusia sekitar 60 juta tahun. Batuan ini mengandung campuran helium dan isotop neodymium yang menginformasikan bahwa batuan mantel bumi di bawah lapisan kerak bumi masih mengandung batuan asal mula bumi.
Batuan ini dianggap telah bertahan selama 4,5 miliar tahun di bawah Pulau Baffin tanpa bercampur dengan lempeng tektonik ataupun meletus ke permukaan.
"Saya terkejut bahwa salah satu batuan (asli) mantel selamat," kata ilmuwan geologi Matthew Jackson dari Boston University. Ia adalah penulis utama yang mengumumkan temuan ini dalam jurnal Nature.
"Mencari sepotong batuan mantel asli merupakan mukzizat yang suci. Ini merupakan bagian pertama dari bola besar magma (planet kita). Ini benar-benar komposisi asli.”
Tanda-tanda bahwa ini merupakan batuan mantel kuno adalah jumlah isotop helium-3 dalam jumlah yang besar terkait dengan helium-4.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar